Blog Article

Manfaat Wine untuk Kesehatan dan Cara Konsumsi Wine Dengan Aman

manfaat wine

Bagi Kamu para pecinta minuman beralkohol, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan wine? Minuman satu ini cukup terkenal bagi para pecinta alkohol karena manfaat wine bagi tubuh sangat besar. Wine merupakan minuman yang terbuat dari hasil fermentasi buah anggur merah yang telah dihancurkan.

Minuman wine merupakan jenis minuman alkohol diproduksi secara tidak sengaja oleh para wanita yang ada di Mesopotamia yang sedang mengumpulkan hasil panen buah anggur pada 6000 SM. Kemudian, buah anggur yang telah dipetik dikumpulkan dalam satu tong kayu besar dan tidak sengaja tergencet dan tercampur dengan ragi alami yang ada pada anggur. Sejak saat itulah wine tercipta. Sejak munculnya minuman beralkohol ini, wine termasuk minuman yang paling banyak diproduksi di dunia. Tentunya, selain untuk mencicipi cita rasanya, banyak dan besar juga manfaat wine bagi tubuh. Ayo kita bahas lebih dalam lagi minuman beralkohol yang satu ini.

Jenis-Jenis Wine

Minuman wine diproduksi di negara-negara besar seperti : Italia, Australia, Spanyol, Amerika Serikat, Indonesia. Wine juga memiliki berbagai jenis yang mungkin sering Kamu dengar, seperti:

Red Wine & White Wine

manfaat wine

Red wine dibuat menggunakan bahan dari anggur hitam dan anggur merah, sedangkan white wine dibuat dengan anggur kuning, anggur hijau dan juga anggur merah. Dalam proses pembuatan red wine, dibuat beserta kulit-kulitnya, sedangkan white wine diproses dengan hanya mengambil sari yang terdapat pada buah anggur tidak beserta dengan kulitnya.

Rose Wine

manfaat wine

Untuk memproduksi rose wine, biasanya menggunakan buah anggur dan diproduksi juga lengkap dengan kulitnya. Yang membedakan rose wine dengan red wine adalah dari proses fermentasi serta ekstraksi yang tidak terlalu lama sehingga menghasilkan warna yang terlihat seperti bunga mawar.

Sparkling Wine

manfaat wine

Untuk minuman anggur ini, diproduksi di Prancis dan menggunakan jenis-jenis anggur seperti pinot noir, pinot meunier, dan chardonnay. Orang-orang mengenal sparkling wine ini juga dengan sebutan champagne. Dan nama sparkling ini diambil karena rasa yang dihasilkan seperti minuman bersoda.

Port Wine

manfaat wine

Bagi Kamu yang suka makan-makanan penutup, Kamu bisa menyajikan port wine dengan cita rasa yang manis dengan dessert kesukaan Kamu. Port wine ini diproduksi menggunakan anggur yang ada di lereng bukit wilayah Douro dan akses terbatas di Portugal Utara.

Manfaat Wine Bagi Kesehatan

manfaat wine

Walau wine ini merupakan minuman beralkohol yang memabukkan, bila dikonsumsi dengan batas yang wajar, minuman ini memiliki manfaat untuk kesehatan, loh! Kamu ingin tahu manfaat wine untuk mengatasi permasalahan yang ada pada kesehatan Kamu?

1. Wine untuk kecantikan

Bila Kamu mengonsumsi wine diseimbangi dengan pola hidup yang sehat, kandungan antioksidan resveratrol dapat membantu Kamu merawat kulit wajah seperti meratakan warna kulit, anti aging, mengurangi jerawat dan mengangkat sel kulit mati. Bahkan tidak jarang skincare kekinian juga memiliki kandungan antioksidan resveratrol untuk membantu permasalahan kulit Kamu.

2. Mengurangi rasa cemas

Dengan mengkonsumsi wine, senyawa serotonin yang ada pada wine dapat membantu Kamu memperbaiki suasana hati. Kamu bisa mengkonsumsi wine dalam jumlah satu gelas per-hari dan jangan dikonsumsi lebih dari ini. Pada saat ada konsumsi berlebih, tubuh akan menghasilkan lebih banyak glutamat yang dapat menimbulkan kecemasan berlebih.

3. Meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada di dalam darah

Bila Kamu mengonsumsi minuman beralkohol, ada sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bila mengkonsumsi wine bisa menurunkan 50% kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik yang ada pada darah.

4. Menjaga kesehatan jantung

Wine memiliki jenis antioksidan yang terdapat pada kulit buah anggur serta memiliki kandungan antioksidan resveratrol yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Senyawa antioksidan resveratrol ini sendiri, terdapat pada buah-buahan, seperti : beri, kacang tanah, anggur dan juga anggur merah.

5. Memelihara kesehatan otak dan fungsi memori

Minuman wine memiliki kandungan resveratrol yang bermanfaat dalam membantu kesehatan saraf dan juga otak. Maka dari itu, daya ingat akan tetap terjaga dan tidak menghambat aktifitas Kamu.

6. Mencegah penyakit kanker

Kandungan resveratrol yang sangat banyak manfaat ini dapat menangkal dan mencegah adanya kerusakan sel dalam tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas.

7. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Wine dengan senyawa polifenolnya, dapat menghilangkan bakteri jahat yang menempel di mulut dan juga gigi yang dapat menyebabkan karies dan menyebabkan gigi berlubang.

8. Membuat tidur menjadi lebih nyenyak

Orang-orang percaya, bila mengonsumsi satu gelas wine sebelum tidur dapat membuat Kamu lebih cepat terlelap. Wine memiliki efek yang memicu kantuk karena adanya kandungan melatonin.

9. Mengurangi resiko diabetes

Bila Kamu mengkonsumsi wine secara rutin dalam tiga sampai empat kali dalam seminggu, minuman wine dapat membantu Kamu mengurangi resiko penyakit diabetes. Tentunya tetap dikonsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Mengkonsumsi wine bagi pria dapat menurunkan resiko diabetes sebesar 27%, sedangkan wanita bisa mencapai 32%. Frekuensi minum alkohol yang diminum beberapa kali dalam seminggu, lebih baik dari pada meminum semua alkoholnya dalam satu waktu sekaligus. Hal ini disebabkan oleh cara kerja hati yang sibuk mengolah alkohol lebih dulu dibandingkan makanan atau zat lainnya, sehingga hati tidak melepaskan gula dalam darah.

10. Hidup panjang umur

Karena wine dapat membantu mengurangi risiko adanya depresi, mengurangi kolesterol, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung hingga menormalkan gula darah. Oleh karena itu, risiko kematian berkurang dan masa hidup akan jadi lebih panjang.

Untuk Kamu yang ingin mengonsumsi minuman ini dan mendapatkan manfaat wine, Kamu bisa melihat-lihat daftar minuman wine di website Peakwine.

Risiko Mengkonsumsi Wine Secara Berlebihan

manfaat wine

Bila Kamu mengkonsumsi wine lebih dari satu gelas atau lebih, dapat berdampak buruk bagi kesehatan Kamu, seperti :

  • Stroke
  • Gagal jantung
  • Penyakit kanker
  • Tekanan darah tinggi
  • Pankreatitis
  • Kerusakan otak pada janin (bagi wanita hamil)

Selain itu, efek samping lainnya jika Kamu mengonsumsi obat dicampur dengan wine, dapat memicu reaksi yang sangat berbahaya untuk tubuh. Mengkonsumsi wine juga bisa menyebabkan asam folat yang ada pada tubuh berakibat mengurangi fungsi kepadatan tulang, sehingga dapat menyebabkan terjadinya patah tulang. Tetap bijak dalam mengkonsumsi minuman wine, ya.

Cara Minum Wine dengan Benar

manfaat wine

Bila Kamu ingin mengetahui cara menikmati minuman wine dengan benar, Kamu bisa mengikuti cara dibawah ini.

1. Gunakan gelas yang sesuai

manfaat wine

Bila Kamu menggunakan gelas yang tepat, indera yang ada pada tubuh Kamu dapat lebih mudah menganalisis wine. Walau memiliki efek samping bila dikonsumsi berlebihan, bila Kamu hanya mengkonsumsi dalam jumlah maksimal 150 ml per hari, manfaat wine akan sangat berguna untuk tubuh Kamu. Manfaat wine bagi tubuh sangat banyak dan berperan besar, ya!

2. Pegang Tangkai Gelas
manfaat wine

Saat Kamu mengonsumsi minuman wine, dari cara memegang gelas dapat terlihat apakah Kamu seorang amatir atau profesional. Karena, dari cara memegang gelas dapat mempengaruhi kualitas yang ada pada minuman wine. Menggunakan tangkai gelas adalah cara terbaik untuk menikmati minuman wine.

3. Memutar Gelas
manfaat wine

Bila Kamu memutar-mutar gelas saat mengonsumsi minuman wine, aroma wine akan lebih keluar dan Kamu dapat menikmati aromanya. Selain itu, Kamu bisa mengetahui tekstur minuman untuk mengetahui kadar alkohol yang terkandung di dalamnya.

4. Melihat Warna Wine
manfaat wine

Warna yang ada pada wine, dapat menunjukan usia penyimpanan minuman wine. Bila red wine memiliki usia penyimpanan yang lama, dari warna akan terlihat semakin pudar. Sedangkan white wine, semakin tua usianya, semakin gelap warna yang dihasilkannya.

5. Menghirup Aroma Pada Wine
manfaat wine

Bila Kamu menghirup minuman alkohol pada gelas wine, gelas yang besar diperuntukan bagi Kamu untuk menghirup aroma pada wine untuk mendapatkan cita rasa yang setelah mengkonsumsi alkohol.

Kini Kamu sudah tahu wine dari sisi manfaat dan cara konsumsinya. Semoga perjalanan wine Kamu menyenangkan dan menyehatkan, ya!

Siap untuk menjelajahi wine favoritmu? 

Temukan berbagai jenis wine mulai dari red wine, white wine, rose wine, champagne, dan berbagai  jenis minuman alkohol lainnya hanya di peakwine.id.

Peakwine merupakan distributor dan retail minuman beralkohol yang menjual lebih dari 500+ koleksi minuman alkohol mulai dari  wine, spirit, bir, soju, sake, dan cider.

Produk yang dijual 100% original, safe packaging, dan dikirim dari lokasi terdekat (Jakarta, Bandung dan Bali), Kami juga menyediakan expert recommendation bagi kamu yang kesulitan dalam menentukan minuman alkohol favoritmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *