Blog Article

5 Rekomendasi Minuman Alkohol Paling Enak, Wajib Dicoba!

minuman alkohol paling enak

Tahukah Kamu? Minuman alkohol merupakan minuman yang sangat digemari, karena memiliki rasa yang beragam, mulai dari rasa manis,pahit, dan pedas sensasi dari alkoholnya. Selain itu, minuman alkohol akan tambah enak jika di variasi dengan topping lemon, ceri, atau berbagai jenis buah lainnya. Itu sebabnya, kenapa minuman alkohol disebut sebagai minuman yang enak.

Minuman beralkohol memiliki beberapa jenis dan kadar alkohol yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis minuman alkohol, yaitu bir memiliki kadar alkohol 2-8%, wine memiliki kadar alkohol 10-20% dan spirit memiliki kadar alkohol 35-60%.

Minuman beralkohol dibuat dengan proses yang sangat panjang, proses ini dilakukan untuk menghasilkan cita rasa yang diinginkan. Salah satunya yaitu proses fermentasi alkohol, proses ini dilakukan untuk mengubah glukosa, fruktosa dan sukrosa menjadi etanol. Lalu minuman seperti apa yang disebut minuman alkohol paling enak?

Minuman Alkohol Paling Enak

1. Wine

 

Minuman wine merupakan minuman yang terbuat dari hasil fermentasi buah anggur merah yang telah dihancurkan. Pembuatannya harus melalui rentetan proses yang panjang, mulai dari penanaman, peragian, pembuatan, penyimpanan atau pengumuran, dan pencampuran-nya. Biasanya wine dikonsumsi sebagai pendamping makanan atau wine pairing makanan berbahan dasar daging atau ikan, seperti:

  1. Red wine : Grilled lamb dan beef steak
  2. Rose wine : Seafood, dimsum, spicy food dan sashimi
  3. Dry white wine : Daging ayam, ikan, atau bisa dipadukan dengan
    makanan yang lebih creamy
  4. Sparkling wine : Light snack, tapas, atau buah sebelum makan.

Diatas beberapa menu makanan yang dapat dipadukan bersamaan dengan minuman wine. Kalau Kamu lebih suka yang mana, nih?

Untuk menjaga cita rasa, aroma dan juga menyesuaikan gelas yang digunakan, wine biasanya dituangkan sedikit demi sedikit. Berikut beberapa merek wine yang menjadi minuman alkohol paling enak dengan harga yang relatif murah, yaitu:

Selain menyesuaikan jenis gelasnya, Kamu juga perlu tahu berapa takaran maksimal untuk mengkonsumsi wine?

  1. Wanita dewasa    : Takaran yang pas untuk wanita, paling banyak  1 gelas wine atau 150 ml dalam sehari.
  2. Laki-laki dewasa : Sedangkan untuk laki-laki, paling banyak 2 gelas wine atau 300 ml dalam sehari.

2. Soju

minuman alkohol paling enak
Soju merupakan minuman beralkohol distilasi Korea, dengan kadar alkohol sebesar 20% hingga 45%. Soju terbuat dari fermentasi beras atau bahan kaya tepung seperti tapioka ataupun ubi jalar yang akan diproses ke tahap destilasi dan disuling. Soju dapat dinikmati dengan makanan pendamping seperti;

  • Samgyeopsal atau daging perut babi yang dipanggang
  • Gopchang atau usus kecil sapi/babi yang dipanggang
  • Jokbal atau daging babi rebus
  • Dakbal atau ceker ayam pedas
  • Nakji bokkeum atau tumis gurita pedas.

Kamu perlu tau, cara orang Korea menikmati soju dalam rasio yang setara dan berapa takaran yang pas?

  1. Wanita dewasa    : Rasio 50% yakult, 30% soju, dan 40% sprite.
  2. Laki-laki dewasa : Rasio 30% yakult, 30% soju, dan 40% sprite.

Berikut adalah rekomendasi soju sebagai alternatif minuman alkohol paling enak dan murah:

Selain tersedia dengan rasa original, merek soju tersebut juga menyediakan varian rasa lain yang tidak kalah enak rasanya, varian lengkapnya bisa dilihat pada website Peakwine.

3. Vodka

Minuman beralkohol vodka pada umumnya disuling dari bahan gandum yang difermentasi. Vodka merupakan minuman berkadar alkohol tinggi, bening serta tidak berwarna. Vodka memiliki kandungan alkohol sebesar 35% sampai dengan 60%.

Vodka memiliki sensasi rasa manis dan pedas, dan sedikit ada sentuhan rasa biji-bijian yang difermentasi. Vodka menjadi tradisi minuman alkohol paling enak dan istimewa di Rusia, ada budaya yang telah diikuti selama berabad-abad, untuk menikmati minuman alkohol vodka harus dingin dan disarankan meminumnya dalam jumlah kecil dan menggunakan gelas alkohol pendek atau gelas teguk.

Biasanya orang Rusia mengkonsumsi vodka bersamaan dengan sayur dan buah yang diawetkan, asinan atau acar jamur, ikan haring, kaviar, ham, hingga selai daging. Beberapa rekomendasi vodka yang cukup digemari adalah:

Untuk minuman beralkohol seperti whisky, gin, vodka, scotch dan tequila yang memiliki kadar alkohol sebesar 40%, 45 ml atau 1 gelas sloki adalah takaran yang tepat.

4. Bir

Bir adalah minuman beralkohol yang dihasilkan melalui fermentasi bahan berpati tanpa penyulingan setelah fermentasinya. Kadar alkohol pada bir biasanya berkisar antara 4%-6% dan merupakan salah satu minuman tertua yang diproduksi manusia. Bir biasanya lebih enak disajikan dalam keadaan dingin, dan dikonsumsi bersama cemilan-cemilan seperti kentang goreng, pizza, sosis, ayam goreng, ataupun kue manis. Rekomendasi bir yang enak dan menjadi favorit banyak orang adalah:

Untuk bir dengan kadar alkohol sebesar 5%, 350 ml (1 gelas besar) bir merupakan takaran yang tepat untuk untuk diminum per hari.

5. Gin

minuman alkohol paling enak

Gin adalah minuman beralkohol dari hasil fermentasi serealia (jelai, gandum, haver) yang diberi aroma buah juniper, dan melalui proses distilasi. Sebagian besar gin memiliki rasa tawar yang dicampur dengan air dan aroma buah juniper, serta minyak rempah-rempah. Biasanya gin dikonsumsi dengan dicampur bahan lainnya sebagai koktail. Rekomendasi gin yang biasanya menjadi favorit adalah:

Sama seperti vodka, takaran minum gin per hari, yang memiliki kadar alkohol sebesar 40% yaitu 45 ml (1 gelas sloki).

Banyak orang yang belum mengetahui cara minum alkohol dan berapa takaran yang pas dalam mengkonsumsi minuman alkohol. Kini Kamu sudah tahu kan cara konsumsi yang tidak berlebihan agar kesehatan Kamu tetap terjaga dan Kamu pun bisa menikmati alkohol yang Kamu suka.

Yuk, tunggu apalagi?

Segera meluncur ke peakwine.id untuk menemukan berbagai minuman alkohol berkualitas dan mulai mencoba minuman alkohol enak sesuai dengan rekomendasi diatas! 

Peakwine.id adalah distributor dan retail minuman beralkohol. Peakwine menjual lebih dari dari 500+ koleksi minuman alkohol mulai dari wine, spirit, bir, soju, sake, dan cider.

Produk yang dijual 100% original, safe packaging, dan dikirim dari lokasi terdekat (Jakarta, Bandung dan Bali), Kami juga menyediakan expert recommendation bagi kamu yang kesulitan dalam menentukan minuman alkohol favoritmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *