General

8 Jenis Minuman Alkohol Berikut Kadar ABV Yang Tepat Untukmu

jenis minuman alkohol wine

Salah satu minuman favorit banyak orang yaitu alkohol, minuman ini digemari berbagai kalangan terutama di kota-kota besar. Tidak hanya sekedar minuman biasa, alkohol sudah jadi bagian dari budaya dan lifestyle sejak dulu. Ini bisa dilihat dari banyaknya jenis minuman alkohol, mulai dari yang sifatnya tradisional hingga sudah menggunakan cara pembuatan modern. 

Berbagai jenis minuman alkohol yang beredar memang hadir untuk memanjakan para konsumen. Namun, tidak sedikit yang malah jadi bingung produk dan gagal paham tentang jenis minuman alkohol yang harus dipilih. 

Akibatnya, pengalaman minum alkohol yang seharusnya menyenangkan dan berkelas, jadinya kurang pas, membosankan dan mengecewakan. Padahal, aktivitas menikmati minuman alkohol seharusnya untuk bersenang-senang, misalnya bersosialisasi, berbisnis, dan sejenisnya.

Agar hal ini tidak sampai terjadi, sebaiknya pahami dulu jenis minuman alkohol yang umum, kandungan alkohol serta rekomendasi jenis minuman alkohol sesuai selera.

8 Jenis Minuman Alkohol Paling Umum & Kandungannya

Dari berbagai jenis minuman keras yang ada di seluruh belahan dunia, berikut 8 jenis minuman alkohol paling umum dan wajib diketahui

Wine

jenis minuman alkohol wine

Dalam istilah bahasa Indonesia, kita mengenal wine sebagai anggur. Berbeda dari anggur biasa atau anggur meja, wine dibuat dari jenis anggur spesies Vitis vinifera. Karakteristik anggur wine adalah berbuah kecil, berkulit tebal dan memiliki biji. 

Setelah proses fermentasi dari jenis anggur yang berbeda ini, maka hadirlah jenis minuman alkohol wine yang bervariasi pula. Secara umum, ada 5 jenis wine yang tersedia, yaitu:

  • Red wine / anggur merah
  • White wine / anggur putih
  • Rose wine / campuran anggur merah dan putih
  • Sparkling wine / wine bersoda
  • Fortified wine / wine yang diperkaya alkohol lain

Dari berbagai jenis minuman keras, wine termasuk memiliki kandungan alkohol yang cukup bervariasi, yaitu antara 5 – 23%. Rata-rata kadar kandungan alkohol pada sebotol wine adalah 12%. Ini semua tergantung pada jenis wine, termasuk produsen dan tingkat ABV ( Alcohol By Volume) yang diinginkan.

Spirit

jenis minuman keras spirit

Spirit bukanlah nama dari salah satu jenis minuman alkohol, tetapi lebih akuratnya adalah salah satu kategori jenis minuman alkohol. Spirit dibuat dengan menggunakan teknik destilasi/penyulingan dan sifatnya murni.

Berbagai jenis minuman alkohol spirit ini diproduksi dengan difermentasi terlebih dahulu, misalnya dari biji-bijian, buah-buahan ataupun sayur-sayuran. Kemudian, hasilnya disuling menjadi cairan minuman alkohol yang tergolong minuman keras.

Beberapa contoh spirit yang biasa ditemui di pasaran antara lain brandy, vodka, rum, gin, whisky dan tequila. Umumnya jenis minuman alkohol spirit tidak manis, bebas karbohidrat, kolesterol atau lemak. Kemurniannya menjadikan spirit sebagai minuman keras dengan kandungan alkohol tinggi, antara 35-90%.

Soju

minuman soju

Dikenal sebagai minuman nasional Korea, popularitas soju kian meningkat hingga merambah pasar Amerika, Eropa, dan Asia. Secara tradisional, soju dibuat menggunakan proses distilasi beras. Namun sejak perang Korea, muncul alternatif soju dengan gandum, kentang dan tapioka.

Sejatinya, soju merupakan jenis spirit namun ada perbedaan dimana soju mengalami proses pengenceran. Alhasil, peraturan yang menyangkut lisensi soju tidak menurut pada spirit tetapi lebih pada level bir atau wine. Kadar alkoholnya tetap cukup signifikan dengan kisaran 16-30%.

Sake

minuman alkohol sake

Kalau Korea ada soju, Jepang punya minuman alkohol nasional Sake. Dengan sejarah lebih dari 2000 tahun, sake sangat erat kaitannya dengan masyarakat Jepang, termasuk dari segi kuliner, hingga lifestyle. Uniknya, sake bisa disajikan dingin maupun panas.

Minuman fermentasi beras ini berbahan utama beras, ragi beras dan air. Setelah difermentasi, sake yang berkualitas lalu akan disimpan selama minimal 1 tahun. Tergantung dari proses dan lamanya penyimpanan sake, kandungan alkoholnya bervariasi antara 15-20%. Untuk sake jenis Genshu yang keras dan tidak diencerkan, kandungannya bisa melebihi 20%.

Shochu

minuman keras shochu

Sake bukan satu-satunya jenis minuman alkohol dari Jepang. Masih ada shochu yang sering salah dianggap sebagai sake, padahal sesungguhnya berbeda dan punya sisi menarik tersendiri.

Berbeda dengan produksi sake, shochu dibuat dengan proses distilasi/penyulingan berbahan utama ubi dan gandum. Pada titik didih tertentu, penyulingan ini akan menghasilkan campuran alkohol murni dengan kadar yang cukup kuat yaitu antara 25-37%.

Karena menggunakan proses distilasi dan berkadar alkohol lebih tinggi, shochu berkarakter lebih kuat dan kering dibandingkan sake yang lembut. Dengan sensasi membakar dan renyah, shochu adalah salah satu jenis minuman alkohol yang wajib dicoba.

Umeshu

umeshu

Setelah shochu, saatnya mengintip umeshu yang juga merupakan jenis minuman keras dari Jepang. Umeshu terbuat dari buah plum khas Jepang yang tidak bisa dikonsumsi langsung karena mengandung sedikit racun dan sangat asam. Penduduk Jepang lalu mengolah buah plum menjadi selai, asinan, cuka dan juga umeshu.

Umeshu dibuat dengan merendam buah plum dengan minuman alkohol apa saja. Namun walaupun simpel dan sering dibuat sendiri di rumah, dibutuhkan lisensi khusus membuat umeshu dari rendaman alkohol buatan sendiri. Oleh karena itu, kadar alkohol shochu sering mengikuti dari rendaman alkohol yang tersedia bebas di pasaran dengan rata-rata 25-37%.

Beer

minuman beer

Jenis minuman alkohol yang paling favorit di seluruh dunia, beer punya sejarah panjang hingga berabad-abad lamanya. Namun rumus membuat bir tetap sama hingga kini, yaitu difermentasi dengan kombinasi air, malt/ gandum, bunga hops, dan ragi.

Dalam kreasi bir, jenis minuman keras ini bisa disesuaikan menurut selera pembuatnya. Ini sebabnya bahan bunga hops bisa diganti dengan bahan lain, misalnya bir pletok dari rempah Nusantara atau bir tape dan sebagainya.

Citarasa bir yang berbeda ini akan semakin menonjol pada kadar alkohol berbeda-beda. Namun rata-rata ABV bir cukup rendah yaitu sekitar 2-8% yang artinya, cocok dinikmati kapan saja!

Cider

cider

Penjelasan sederhana untuk jenis minuman alkohol cider yaitu hasil dari fermentasi jus apel – lebih kurang sama konsep dengan pembuatan wine. Namun karena sifat alami jus apel yang lebih rendah gula daripada anggur, maka kadar kandungan alkoholnya juga otomatis lebih rendah di sekitar 2-8% saja.

Meski demikian, bukan berarti penggemar minuman alkohol harus melupakan cider juga loh. Faktanya, proses pembuatan cider juga bisa cukup kompleks dengan proses blending yang unik. Hasilnya, kini banyak jenis minuman alkohol cider dengan citarasa asam manis yang seimbang.

Lagipula, kandungan alkoholnya yang sekitar 2-8% saja berarti sama dengan bir dan bisa dinikmati sebagai minuman penyegar sehari-hari.

Ide Jenis Minuman Alkohol Sesuai Acara

Paham akan jenis minuman alkohol hanyalah awal dari serunya menikmati setiap pilihan yang ada. Seringnya, seseorang malah “stuck” pada satu jenis minuman keras dan melewatkan variasi pilihan jenis minuman alkohol yang begitu nikmat. Padahal, variasi jenis pilihan minuman alkohol sangat menentukan selera, citarasa, dan juga mood alias suasana hati!

Bagi para pemula, solusi mudahnya cukup sesimpel mencocokkan jenis minuman alkohol dengan kegiatan atau acara. Bagaimanapun juga, alkohol adalah jenis minuman yang erat kaitannya dengan keindahan bersosialisasi atau menikmati momen.

Yuk, mulai asah lidah dengan pilihan jenis minuman alkohol lewat berbagai ide acara berikut:

Santai & Chill Di Rumah

santai di rumah

Setelah lelah bekerja seharian di rumah, hal yang paling ingin dilakukan tentunya adalah bersih-bersih dan bersantai. Beberapa jenis minuman alkohol yang layak dicoba:

  • Wine

Ini sebabnya wine sangat direkomendasikan untuk siapapun yang ingin menikmati relaksasi modern tanpa ribet.

Studi menunjukkan kalau kandungan resveratrol di dalam wine, terutama red wine, bisa membantu menghalangi enzim stress dan kecemasan. Bagi yang merasa kenyang setelah makan malam, disarankan memilih white wine yang ringan dan tidak terlalu asam.

Baik red ataupun white wine, kandungan alkoholnya bisa merelaksasi secara alami, sehingga bisa dijadikan sebagai jenis minuman alkohol sebelum tidur. Kandungan alkohol pada wine yang disarankan untuk berelaksasi di rumah bisa dicoba pada kisaran 12-13%. Pada ABV ini, efek rileks akan terasa lebih nyaman dan tidak terlalu keras.

  • Beer/ Cider

Terutama jika harus bekerja dan beraktivitas keesokan harinya, memang jenis minuman keras dengan ABV rendah lebih cocok, misalnya beer dan cider

Beer terutama sangat diminati sebagai minuman pelepas lelah karena efek yang menyegarkan saat dikonsumsi suhu dingin. Kandungan alkohol 2-8% pada bir juga sudah cukup untuk menekan hormon stress dan jadi mood booster. Terutama jika dinikmati bersama teman sambil ngobrol santai dan nonton televisi, maka jenis minuman keras ini tidak akan cepat membuat ngantuk. 

Hampir sama, cider juga berada pada kisaran ABV rendah dan nyaman. Sensasi rasa cider yang manis juga bisa dinikmati sebagai teman melepas lelah di  rumah. Plus, ada kandungan antioksidan yang tinggi pada cider agar stamina tetap fit saat bangun keesokan harinya.

Acara dengan Makanan

acara dengan makanan

Untuk acara makan malam yang hangat baik di rumah maupun luar rumah, tidak ada yang lebih cocok daripada wine. Selain bisa jadi hadiah untuk tuan rumah yang elegan, wine juga banyak pilihan yang membuat citarasa makanan semakin spesial. Cek dulu panduan pilih wine untuk pendamping acara makan:

  • Jamuan Lengkap ( Full Course Meal)

Untuk acara makan yang mengundang banyak orang, menu utamanya umumnya akan berbahan daging dan cukup gurih. Untuk tipe acara demikian, jenis minuman alkohol red wine akan cocok karena bisa membantu sistem pencernaan. 

Atau jika red wine terasa terlalu asam, maka coba saja sparkling wine atau rose yang lebih bubbly. Sensasi soda akan membuat terus berselera sekaligus melancarkan pencernaan. 

  • Makan Siang atau Brunch

Lalu bagaimana jika acara makan bersifat makan siang atau brunch santai? Untuk tipe makanan yang lebih ringan, pilih saja wine yang ringan tapi rasanya tetap nendang, misalnya white wine jenis Sauvignon Blanc. Pilihan wine yang khas aroma fruity atau vanilla akan sangat cocok.

  • Makan Malam Umum

Kalau kamu kebetulan sebagai host yang menjamu, kamu butuh jenis pilihan minuman alkohol yang cocok dengan lidah semua orang. Rekomendasi yang boleh dicoba adalah red wine Pinot Noir. Jenis minuman alkohol ini harganya terjangkau dan nuansanya lebih bersahabat di lidah.

  • Makan Malam Romantis

Untuk suasana yang intimate, wine bisa menambah suasana romantis berdua. Idealnya, wine bisa disesuaikan dengan selera pasangan. Namun, untuk rekomendasi jenis minuman alkohol wine anti gagal, coba saja white wine seperti Chenin Blanc atau Chardonnay. 

Pesta Meriah Bersama Teman

pesta bersama teman

Sedang ada selebrasi bersama teman-teman tercinta? Pastinya kamu butuh jenis minuman alkohol untuk bikin suasana semakin tak terlupakan. Beberapa rekomendasi jenis minuman keras antara lain :

  • Spirit 

Untuk pesta yang meriah, beberapa pilihan spirit seperti vodka dan whiskey biasanya sering jadi jenis minuman keras favorit. Kedua jenis minuman alkohol ini asyik untuk diracik dengan soda, jus buah, tonic atau lemon. 

  • Soju

Sebagai jenis minuman keras yang wajib hadir untuk penduduk Korea Selatan, soju cukup ideal jadi party drink karena karakteristiknya yang unik. Citarasa soju yang sedikit manis dan tidak kompleks membuat siapapun mudah meneguknya. Serving soju umumnya juga sedikit demi sedikit, sehingga bisa dinikmati lebih lama. 

  • Sake

Tak kalah dari soju, jenis minuman keras yang cocok untuk disajikan di pesta acara meriah adalah sake. Bahkan di Jepang, sake sering jadi minuman yang dibarengi dengan permainan seru-seruan. Keunggulan jenis minuman keras sake yang lainnya adalah kandungannya yang cukup sehat, bisa dinikmati panas maupun dingin, serta bercita rasa khas yang enak rasanya.

  • Beer

Party drink yang tak boleh terlupakan adalah beer! Selain harganya yang bersahabat, kandungan ABV yang relatif rendah juga menjadikannya lebih aman untuk pesta semalaman suntuk. Hanya saja, pilihan beer sering dianggap membosankan dan kurang spesial. Solusinya? Kalian boleh sajikan beer sebagai jenis minuman keras pendamping untuk spirit, soju atau sake.

Menjamu Partner Bisnis

menjamu partner bisnis

Untuk rekomendasi jenis minuman alkohol yang cocok dibawa ke suasana profesional, ada beberapa yang bakal menambah nilai plus untukmu:

  • Wine

Jika ingin menghadiahkan atau membuka wine bersama partner bisnis, disarankan untuk memilih yang spesial. Pilihan umum seperti Pinot Noir atau Chardonnay akan terasa terlalu aman dan kurang istimewa. 

Jika punya budget lebih, tidak ada salahnya memilih jenis minuman alkohol yang lebih unik seperti speciality atau variasi impor tertentu, contohnya Bordeaux atau Burgundy. Ini akan menunjukkan niat atau ketulusan bagi partner bisnis. 

  • Champagne

Champagne paling sering digunakan untuk merayakan kesuksesan atau pencapaian, termasuk dalam bisnis. Menghadiahkan champagne seakan menyambut kerjasama yang sukses dan erat, bahkan sudah seperti tradisi di beberapa negara Barat. Champagne juga elegan dan stylish – ga bakal salah nih untuk memberi kesan baik ke atasan, rekan kerja atau partner bisnis. 

  • Spirit

Jenis minuman keras spirit seperti whiskey bisa menjadi simbol sukses dan kesehatan. Sama halnya, brandy juga mengisyaratkan kekuatan sedangkan vodka sering diartikan sebagai water of life. Jenis minuman keras seperti ini asyik diminum sambil bercengkrama dan bertukar ide, karena konsepnya sering untuk dinikmati berlama-lama. 

Sebagai Koleksi 

koleksi minuman alkohol

Ingin menikmati jenis minuman keras sebagai koleksi pribadi? Beberapa jenis minuman alkohol memiliki nilai yang semakin tinggi seiring waktu, jadi tidak salah jika mengincar investasi sambil jadi kolektor dengan cita rasa tinggi.

Untuk dijadikan koleksi, jenis minuman keras yang ideal biasanya datang dari kategori Spirit. Biasanya variasi spirit seperti Whiskey, Rum, Tequila atau Vodka sudah dikemas dengan botol mewah yang tahan pakai.   

Tapi bukan berarti hanya jenis minuman keras yang mahal saja loh yang layak dikoleksi. Banyak penikmat jenis minuman keras yang mengoleksi untuk juga dinikmati pada acara jangka waktu dekat. Jadi sebaiknya, koleksi jenis minuman keras diprioritaskan sesuai selera dan budget yah. 

Panduan Jenis Minuman Alkohol ala Profesional

Di tahap menikmati jenis minuman alkohol sebagai hobi, koleksi, relaksasi dan sebagainya, kamu butuh partner yang bisa diandalkan. Dari akses, rekomendasi, kualitas hingga harga, sebaiknya menghindari supplier jenis minuman keras yang belum jelas. 

Untuk kepastian jenis minuman alkohol original 100%, hubungi Peakwine sebagai partner professional pilihan. Saat ini outlet Peakwine telah tersebar di 30 titik di Jabodetabek dengan layanan pengiriman mulai dari pukul 9 pagi hingga 11 malam. Dengan standar pengemasan paling aman, pesanan akan tiba aman hingga tujuan. 

Dapatkan akses hingga ke 700+ jenis minuman alkohol dari berbagai brand baik lokal maupun impor, berikut rekomendasi terbaik via LiveChat! Ingin menikmati semua kemudahan dalam memilih jenis minuman alkohol, ingat hubungi Peakwine segera!

Back to list

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *