Blog Article

Nikmati Kelezatan Minuman Campuran Soju: 10 Resep yang Wajib Dicoba

campuran soju

Apa kamu sudah pernah mencoba minuman campuran soju?

Soju merupakan jenis minuman alkohol yang paling terkenal di Korea. Minuman soju sudah ada sejak abad ke-13 atau 1200-an. Soju juga biasa disebut dengan Korean Vodka. Soju merupakan minuman beralkohol yang terbuat dari bahan utama beras, tapioka, ubi, gandum, dan barley, kemudian melalui proses fermentasi dan penyulingan. Soju sendiri memiliki kadar alkohol hingga 20-40%.

Pada awalnya, soju merupakan minuman yang disajikan pada kalangan elite atau eksklusif. Namun pada saat ini, soju sudah bisa dinikmati oleh berbagai kalangan, karena semakin terbukanya informasi proses pembuatan soju.

Soju memiliki warna yang bening dan rasa yang mirip dengan vodka, namun lebih lembut dan manis. Soju dapat dinikmati dengan cara yang beragam dan dalam situasi apapun.

Resep membuat minuman soju dan campuran soju

Pada umumnya, soju paling sering diminum dalam keadaan dingin, tanpa campuran apapun. Bahkan, beberapa orang juga memilih meminum soju dalam keadaan panas. Tapi, semakin ke sini banyak orang yang membuat minuman campuran soju dengan minuman yang lain.

Berikut beberapa campuran soju yang umum dan bisa kamu coba.

1. Yakult Soju

campuran soju

Untuk membuat minuman ini, kamu memerlukan bahan seperti yakult, soju dan sprite. Pastinya kamu kenal dengan minuman yakult, bukan? Minuman ini banyak dijumpai dimana-mana. Yakult dapat melembutkan rasa pada soju, kamu bisa campurkan soju dengan yakult dalam rasio yang setara.

Rasio atau takaran pria

Rasio atau takaran wanita

30% Yakult 50% Yakult
30% Soju 20% Soju
40% Sprite 30% Sprite

Pada umumnya, tidak ada efek samping dari minum soju yang dicampur dengan yakult, bahkan sebagian orang menyukainya karena rasanya yang manis.

2. Melona Soju

Minuman melona merupakan es krim yang sangat ikonik di Korea. Membuat minuman ini sangat mudah, bahkan kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Dalam membuat melona soju, kamu hanya membutuhkan bahan es krim melona dan juga soju.

Takaran yang pas dalam membuat melona soju adalah:

  • 1 gelas shot soju
  • 1 batang es krim melona
  • ½ gelas chilsung cide
  • ¼ gelas es.

Bahan-bahan ini dapat kamu campurkan semua dalam gelas. Jika semuanya sudah dicampurkan, sebaiknya Kamu langsung segera menikmatinya.

3. Poktanju / Soju Bomb / Somaek

Bahan yang diperlukan adalah soju dan bir. Soju merupakan minuman yang enak dicampur dengan apapun, seperti dicampur dengan bir.

Di negara Korea, minuman ini disebut somaek, yaitu gabungan kata soju dan maekju (bir). Selain itu, minuman ini juga sering disebut poktanju, poktan yang berarti bom.

Takaran yang dibutuhkan dalam membuat minuman poktanju adalah satu sloki soju dan dicampurkan dengan satu gelas bir. Poktanju biasanya dinikmati pada saat orang-orang Korea selesai bekerja.

4. SoCol (Soju dan Coke)

Bagi kamu yang baru mengenal minuman soju dan ingin mencobanya, kamu bisa Cobain SoCol.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman ini hanya Soju dan Coca-cola. Coca-cola akan membuat rasa soju lebih mudah diterima bagi orang yang masih awam dengan minuman soju.

Cara membuatnya sangat mudah, kamu dapat mencampurkan soju dengan coca-cola atau minuman favorit kamu, seperti pepsi atau lainnya.

5. Cojiganmaek

Minuman ini adalah gabungan dari SoCol dan Somaek karena campuran minuman soju ini dibuat dengan tiga bahan, yaitu soju, cola, dan bir.

Rasanya yang manis bisa membuat orang yang meminumnya tidak sengaja meminumnya dalam jumlah banyak.
Kamu bisa membuatnya dengan mencampur 80% bir, 10% soju, dan 10% cola. Mudah, bukan?

6. Soju Coffee

Mirip dengan Irish coffee, kopi ini dibuat dengan mencampurkan alkohol dan kopi. Namun, karena soju sangat digemari di Korea, maka bahan yang digunakan adalah campuran soju dan kopi. Tidak perlu soju terlalu banyak, 20% soju ini bisa dicampurkan dengan 80% kopi.

7. Energizer

Minuman ini merupakan campuran minuman soju dengan redbull atau gatorade.

Cara membuatnya juga sangat mudah, kamu cukup mencampur soju dan redbull / gatorade dengan perbandingan yang sama. Minuman ini paling cocok dinikmati saat selesai bekerja di hari yang panjang.

8. Korean Screwdriver

Screwdriver pada umumnya dibuat menggunakan vodka dan jus jeruk. Namun, Korean Screwdriver mengganti bahan vodka dengan soju. Campuran soju yang digunakan tidak terlalu banyak, hanya 20%. Sedangkan sisa campurannya menggunakan soju.

Untuk kamu yang ingin merasakan minuman campuran soju yang menyegarkan, bisa mencoba membuat minuman ini.

9. Ujjuju Melony

Mirip dengan Melona Soju, minuman ini mencampurkan es melon ke dalam soju. Namun, untuk menciptakan sensasi yang berbeda, soda seperti sprite pun bisa ditambahkan.

Perbandingan campurannya adalah 60% soju dan 40% sprite.

10. Soju Cider

Minuman soju cider adalah minuman yang akan menyegarkan kamu di musim panas.

Minuman ini mencampurkan dua shot soju dengan apple cider sebanyak 250 ml, kemudian mencampurkannya dengan buah potong seperti plum, apel, atau pir. Minuman ini juga disajikan dengan es batu agar menambah kesegaran.

Di atas merupakan resep membuat campuran minuman soju, kamu bisa langsung mencobanya. Bagi kamu yang belum tahu soju apa yang paling enak? Kamu bisa memilih beberapa soju berikut:

Ini beberapa merk Soju yang paling enak, dan kamu bisa mencampurkannya dengan bahan apapun seperti Yakult, daun mint, lemon, coca-cola, sprite atau beberapa bahan lainnya.

Manfaat Soju Bagi Tubuh

Minuman soju selain enak, juga memiliki manfaat baik bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat soju bagi tubuh.

1. Mencegah penyakit jantung

Jika mengonsumsi minuman alkohol dalam jumlah sedang, dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Bagi Wanita dapat mengkonsumsi minuman soju 1 gelas per hari. Bagi laki-laki, dapat mengkonsumsi soju 2 gelas per hari.

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Minuman alkohol seperti vodka, wiski dan soju cenderung dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

3. Meningkatkan imunitas

Minuman alkohol dalam jumlah sedang, dapat meningkatkan imunitas tubuh dan bersamaan dengan vaksinasi teratur, ini dapat membantu sistem kekebalan bekerja dengan optimal.

Efek Samping Soju

Namun, jika kamu mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan, hal ini dapat menimbulkan efek samping, seperti:

1. Kenaikan berat badan

Hal ini terjadi karena Soju memiliki kadar kalori yang tinggi, dalam 1 botol Soju mengandung 405,4 kkal. Tapi hal tidak akan terjadi, jika kamu mengonsumsi soju dalam jumlah sedang, atau bisa disertakan dengan pembakaran kalori yang seimbang.

2. Penumpukan lemak

Sama halnya dengan poin yang pertama, hal ini terjadi karena kamu mengonsumsi minuman alkohol dalam jumlah yang berlebihan, dan tidak disertai dengan pembakaran kalori. Ini dapat menimbulkan efek samping seperti perut buncit dan penumpukan lemak.
Tapi kamu tidak perlu khawatir dengan efek samping di atas, efek samping di atas tidak akan terjadi apabila kamu mengonsumsi soju dalam takaran yang tepat.

Buat Cocktail Kamu

Untuk mendapatkan rasa Soju yang enak dan lezat, kamu bisa mencoba campuran soju seperti resep di atas. Kamu juga bisa menambahkan elemen-elemen yang ada di dapur kamu seperti potongan buah atau tambahan jus buah.

Jadi tunggu apalagi?

Kamu nggak perlu lagi menunggu momen untuk ke Korea untuk menikmati soju dan campuran minuman soju kesukaan kamu. Kamu bisa pesan di Peakwine.id dan buat langsung dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Selamat mencoba!

Peakwine merupakan distributor dan retail minuman beralkohol yang menjual lebih dari 500+ koleksi minuman alkohol dan memiliki 30 outlet yang tersebar di (Jakarta, Bandung, dan Bali). Produk yang dijual 100% original, safe packaging, serta sudah terjamin keamanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *