Blog Article

15 Resep Cocktail Simpel yang Bisa Kamu Coba di Rumah

resep cocktail

Apa kamu sudah pernah mencoba resep cocktail dan menikmati minuman tersebut? Cocktail merupakan minuman beralkohol yang biasa dicampurkan dengan jenis minuman alkohol lainnya maupun dengan minuman ringan. Resep cocktail disusun dengan alkohol seperti, gin, vodka, whiskey dan rum.

Pada umumnya, bahan cocktail menggunakan gula, air, alkohol, dan bahan pahit digunakan untuk membedakan cocktail dari minuman lain seperti punch dan cobbler.

Cocktail biasanya disajikan sebelum dan sesudah makan malam bersamaan dengan hidangan wine pairing yang tepat. Rasa yang dimiliki cocktail adalah asam, manis, dan pahit yang dihasilkan dari alkohol.

Perbedaan Cocktail dan Mocktail

resep cocktail

Cocktail dan Mocktail merupakan minuman yang populer, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Jika kamu mencari minuman yang dapat menyegarkan dan ringan, kamu bisa memilih mocktail. Sedangkan jika kamu memilih minuman yang kuat, kamu bisa memilih cocktail. Cocktail juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan mocktail, meskipun keduanya memiliki warna yang menarik. Simak ,mjuga beberapa perbedaan lain dari resep cocktail dan mocktail sebagai berikut.

Cocktail Mocktail
Dibuat dengan minuman alkohol Tidak mengandung alkohol
Biasanya menggunakan campuran minuman beralkohol seperti, vodka, rum, gin atau whiskey Biasanya menggunakan jus buah atau sirup
Mengandung campuran soda atau jus

Biasanya membutuhkan es

Tidak mengandung campuran soda atau jus

Tidak membutuhkan es

Dapat menjadi kuat dan intens dengan rasa pahit atau asam Minuman ringan dengan jus buah yang berbeda
Cocktail punch dibuat dengan spirit Mocktail punch non-alkohol, hanya berisi bahan pencampur dan penyedap
Disajikan di pesta atau bar Mocktail bisa dinikmati dimana saja dan dapat dinikmati semua usia

Berbagai Resep Cocktail

resep cocktail

Cocktail biasanya dapat kamu temui di beberapa bar. Minuman ini biasanya dibuat dengan campuran minuman beralkohol seperti minuman wine, minuman spirit, minuman soju, beer dan sake. Jika kamu ingin mencoba membuat minuman cocktail sendiri, kamu bisa simak resep cocktail berikut ya.

1. Sangria Cocktail

resep cocktail

Sangria cocktail merupakan resep wine yang berasal dari Spanyol. Sangria cocktail banyak digemari karena cocok dinikmati bersama keluarga ataupun teman-teman pada saat makan malam. Cara membuat cocktail ini juga sangat mudah. Kamu bisa mencampurkan Vineyards Cabernet Sauvignon, apel, lemon, jeruk nipis, dan ginger ale ke dalam pitcher. Saat menyajikan, kamu bisa tuang ke dalam gelas pitcher besar dan menggunakan hiasan irisan lemon atau jeruk nipis supaya mendapatkan kesan segar yang cantik.

2. Whisky Sour

resep cocktail

Whisky sour merupakan minuman yang pertama kali diciptakan oleh para pelaut yang berada di Amerika, dan sangat populer di kalangan gourmets alkohol. Alat yang dibutuhkan untuk membuat whisky sour hanya shaker. Bahan yang dibutuhkan juga sederhana yaitu jus lemon, bourbon, dan gula.

Whisky sour sangat cocok untuk disajikan pada acara klasik, karena memiliki rasa yang manis dan asam klasik. Whisky sour disajikan di gelas khusus dan diberikan sedikit dekorasi seperti, ceri, sepotong jeruk atau lemon.

3. Cocktail Soju Yogurt

resep cocktail

Cocktail soju yogurt merupakan minuman yang berasal dari Korea dan merupakan minuman yang sangat popular di negara Korea dan di seluruh Asia. Soju sering disamakan dengan vodka, karena memiliki rasa yang ringan dan warna yang sama. Minuman ini sangat mudah dibuat dan kamu bisa mencobanya sendiri di rumah.

Alat yang diperlukan hanya shaker untuk pengocok cocktail. Sementara bahan yang dibutuhkan adalah soju, yogurt dan soda. Cocktail soju yogurt memiliki rasa yang menyegarkan, manis dan tajam. Minuman ini sangat cocok dinikmati dengan makanan korea yang pedas.

Cocktail soju yogurt dapat kamu sajikan di gelas dan ditambahkan hiasan irisan lemon untuk menambah kesegaran pada minuman cocktail soju yoghurt.

4. Cocktail Apple Soju

resep cocktail

Cocktail apple soju berasal dari Korea. Untuk membuat minuman ini sangat mudah, kamu hanya membutuhkan jus apel, soju dan selotzer. Alat yang diperlukan hanya pengocok koktail berisi es.

Cocktail apple soju dapat kamu sajikan pada gelas martini dingin dan dihiasi dengan irisan apel dan daun mint di atasnya. Rasa manis pada apel dapat menetralisir rasa pahit dari soju.

5. Cocktail Grapefruit

resep cocktail

Cocktail Grapefruit merupakan resep yang berasal dari Jepang, bagi kamu yang suka dengan minuman cocktail, bisa cobain minuman cocktail grapefruit ini. Untuk membuat cocktail grapefruit kamu hanya membutuhkan alat pengocok dan memerlukan waktu 10 menit. Bahan yang dicampurkan antara lain sake nigori, jahe, air soda, pala, gin, dan bahan utama, yaitu jus grapefruit (sejenis jeruk Bali merah).

Cocktail grapefruit memiliki rasa yang asam, tajam, sedikit dibumbui, pahit dan menyegarkan, ini merupakan kombinasi yang sangat menarik yang kaya akan jeruk bali. Minuman ini sangat cocok disajikan pada saat musim panas.

6. Sake Cocktail Bloody Mary

Sake Cocktail Bloody Mary merupakan minuman yang berasal dari negara Jepang, minuman ini memiliki cita rasa yang segar dan enak. Ini merupakan minuman yang cocok untuk disajikan pada saat makan siang musim panas. Dengan menggunakan shaker, kamu bisa mencampurkan jus tomat, sriracha, saus Worcestershire, garam, merica, seledri, air jeruk nipis, dan minuman sake nigori. Sake Cocktail Bloody Mary bisa kamu sajikan pada gelas sake dan dihiasi dengan irisan jeruk nipis dan daun mint.

7. Sake Mojito

Sake Mojito merupakan minuman cocktail yang berasal dari resep Jepang dan menyajikan rasa yang segar. Cara membuat cocktail ini juga sederhana, yaitu dengan menggabungkan semua bahan seperti sake, jeruk nipis, es, soda, daun mint, dan gula di dalam shaker.

Sajikan Sake Mojito pada gelas sloki dan tambahkan hiasan jeruk nipis dan daun mint di atasnya. Minuman ini cocok disajikan kepada tamu pada saat musim panas, ini akan memberikan rasa sejuk kepada tamu pada saat meminumnya.

8. Moscow Mule

 

Cocktail Moscow Mule, resep ini muncul pada tahun 1940-an di Amerika Serikat. Minuman ini tidak hanya cocok untuk satu musim saja, melainkan cocok diminum pada saat musim apapun. Rasa bir jahe yang enak menjadi ciri khas rasa utama cocktail ini.

Bahan seperti bir jahe, lemon, dan vodka, dapat kamu tuang ke dalam mug besar dan diaduk hingga merata untuk membuat cocktail ini. Moscow Mule dapat kamu sajikan dalam gelas collins atau highball, gelas ini dapat membantu menjaga minuman agar selalu tetap dingin.

9. El Presidente

 

resep cocktail

Resep El Presidente berasal dari Kuba pada tahun 1900-an. Alat dibutuhkan untuk membuat minuman El Presidente adalah gelas pengocok. Dalam gelas, campurkan vermouth kering, jeruk curacao, grenadine, dan rum putih. El Presidente dapat disajikan dengan gelas sloki dingin dan diberi hiasan sepotong jeruk nipis dan daun mint di atasnya. Setelah minum El Presidente, kamu akan merasakan sensasi indahnya minuman ini.

10. Negroni

 

Negroni merupakan minuman klasik yang berasal dari negara Italia pada tahun 1920. Negroni memberikan sensasi yang luar biasa untuk para penikmatnya, karena memiliki rasa yang cukup kuat, tetapi masih manis.

Alat yang dibutuhkan adalah cocktail shaker untuk membuat minuman supaya tercampur secara merata. Campurkan gin, campari, jeruk, dan sweet vermouth ke dalamnya. Lalu, sajikan Negroni pada gelas yang berisikan es batu, dan hiasi dengan potongan jeruk nipis atau lemon. Rasa pahit, manis, kering dan menyegarkan dan sensasi warna cocktail merah jambu ini sangat cocok dinikmati pada saat musim panas.

11. Singapore Sling

resep cocktail

Minuman satu ini, biasa ditemukan di bar-bar yang ada di Singapore, salah satu ‘signature drink’ dari negara Singapore. Minuman ini, cenderung memiliki rasa yang manis tetapi memiliki aroma buah yang kuat, sangat menyegarkan pastinya. Untuk cara membuatnya, kamu bisa meletakan es batu ke dalam gelas cocktail dan taruh di lemari es. Lalu, campurkan bahan-bahan yang ada seperti gin, contreau, jeruk nipis, jus nanas, soda, dan daun mint ke dalam shaker, dan masukan es batu, setelah itu, kamu bisa menuangkannya cairan yang sudah dikocok pada gelas cocktail lalu menyajikannya dengan irisan nanas maupun jeruk nipis.

12. Pina Colada

Cocktail Pina Colada asal Puerto Rico ini, sudah menjadi minuman yang diresmikan sejak tahun 1978 loh! Dengan warna kuning susu yang terlihat sangat segar, dan memiliki resep cocktail simple.

Kamu bisa bekukan nanas yang sudah dipotong, kemudian blender nanas dicampur dengan es batu, rum, jus nanas dan susu kelapa. Setelah selesai kamu bisa menyajikannya. Minuman ini enak banget dinikmati saat musim panas.

13. Classic Margarita

Minuman asal Meksiko dan Amerika Serikat ini, cenderung memiliki rasa asam. Minuman cocktail ini, sudah ada sejak tahun 1941 dan terkenal karena putri dari duta besar Jerman, Margarita Henkel yang saat itu tinggal di Rancho Hamilton.

Resep minuman cocktail ini, kamu bisa membasahi bibir gelas dengan jeruk nipis, kemudian melumuri garam ke bibir gelas cocktail. Setelah itu, masukan es batu ke dalam shaker cocktail, dan masukan tequila, perasan jeruk nipis dan cointreau.

14. Tom Collins Cocktail

resep cocktail

Tom Collins cocktail, memiliki asal usul yang sangat unik. Cocktail ini dinama Tom Collins karena, pada tahun 1876 ramai sekali perbincangan para warga New York dengan pertanyaan ‘Have you Seen Tom Collins?’. Maka dari itu, seorang bartender mulai menciptakan minuman yang berbahan utama gin dan menamainya Tom Collins Cocktail.

Untuk membuatnya, hanya perlu menuangkan gin pada gelas collins, menambah perasan lemon, campur es batu dan menambahkan air soda. Tom Collins cocktail sudah siap disajikan.

15. Classic Sidecar

Classic Sidecar adalah satu cocktail klasik terbaik, karena rasa asam dan manis yang seimbang dan memiliki sensasi lain seperti segar, kering, hangat dan kaya akan rasa. Minuman ini belum memiliki asal usul yang jelas, tetapi ditemukan pada akhir Perang Dunia Pertama di London atau Paris. Bahan yang dicampurkan ke dalam shaker adalah cognac, liquor, dan jus lemon.

Siap membuat  cocktail mu?

Beberapa resep di atas dapat kamu coba sendiri di rumah, bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah dicari, bukan?

Resep minuman cocktail di atas dapat kamu sajikan pada saat berkumpul bersama teman atau keluarga. Beberapa rekomendasi resep di atas juga sangat cocok diminum pada musim apapun.

Jika kamu ingin membeli bahan cocktailnya, kamu bisa langsung membelinya secara online pada website Peakwine.id.

Peakwine merupakan distributor dan retail minuman beralkohol yang menjual lebih dari 500+ koleksi minuman alkohol mulai dari wine, spirit, bir, soju, sake, dan cider.

Produk yang dijual 100% original, safe packaging, dan dikirim dari lokasi terdekat (Jakarta, Bandung dan Bali), serta sudah terjamin keamanannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *